Taksonomi Bloom

Bloom's Taxonomy of Learning Domains
Tiga Jenis Belajar

Ada lebih dari satu jenis belajar. Sebuah komite dari perguruan tinggi, yang dipimpin oleh Benjamin S. Bloom (1956), mengidentifikasi tiga domain kegiatan pendidikan:
• Kognitif: keterampilan mental (Pengetahuan)
• Afektif: perasaan atau pertumbuhan di daerah emosional (Sikap)
• Psikomotorik: manual atau keterampilan fisik (Keterampilan)

Karena pekerjaan itu dihasilkan oleh pendidikan tinggi, kata-kata cenderung sedikit lebih besar dari yang biasanya kita gunakan. Domains dapat dianggap sebagai kategori. Pelatih sering merujuk pada ketiga domain sebagai KSA (Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap). Ini taksonomi perilaku pembelajaran dapat dianggap sebagai "tujuan dari proses pelatihan." Yaitu, setelah sesi pelatihan, para pelajar harus memperoleh keterampilan baru, pengetahuan, dan / atau sikap.

Komite juga menghasilkan kompilasi yang rumit untuk ranah kognitif dan afektif, tetapi tidak untuk psikomotorik domain. Penjelasan mereka untuk pengawasan ini adalah bahwa mereka memiliki sedikit pengalaman dalam mengajar keterampilan manual di tingkat perguruan tinggi (saya rasa mereka tidak pernah berpikir untuk memeriksa dengan olahraga atau drama departemen).

Kompilasi ini membagi tiga domain dalam subdivisi, mulai dari perilaku sederhana sampai yang paling kompleks. Diuraikan divisi tidak mutlak dan ada sistem lain atau hierarki yang telah dirancang dalam dunia pendidikan dan pelatihan. Namun, penggolongan / taksonomi Bloom mudah dimengerti dan mungkin yang paling banyak diterapkan satu digunakan saat ini.


 Domain kognitif
pelajar berpikir - kognitif domain

Kognitif domain (Bloom, 1956) melibatkan pengetahuan dan pengembangan keterampilan intelektual. Ini termasuk penarikan kembali atau pengakuan dari fakta-fakta tertentu, pola prosedural, dan konsep yang melayani dalam pengembangan kemampuan intelektual dan keterampilan. Ada enam kategori utama, yang terdaftar dalam urutan di bawah ini, mulai dari perilaku sederhana sampai yang paling kompleks. Kategori dapat dianggap sebagai derajat kesulitan. Yaitu, yang pertama harus dikuasai sebelum yang berikutnya dapat terjadi.

CATAGORY Example and Key Words
Pengetahuan: Ingat data atau informasi Contoh: Bacalah kebijakan. Penawaran harga dari memori ke pelanggan. Mengetahui peraturan keselamatan
Key Words: mendefinisikan, menjelaskan, mengidentifikasi, tahu, label, daftar, korek api, nama, menguraikan, mengingat, mengakui, mereproduksi, memilih, negara
Pemahaman: Memahami makna, terjemahan, interpolasi, dan penafsiran instruksi dan masalah. Negara masalah dalam satu kata-kata sendiri Contoh: penulisan ulang prinsip-prinsip tes menulis. Jelaskan dalam satu kata-kata sendiri langkah-langkah untuk melakukan tugas kompleks. Menerjemahkan sebuah persamaan ke dalam spreadsheet computer
Key Words: memahami, mengkonversi, mempertahankan, membedakan, memperkirakan, menjelaskan, memperluas, generalizes, memberikan contoh, menyimpulkan, menafsirkan, parafrase, memprediksi, penulisan ulang, meringkas, menerjemahkan
Aplikasi: Gunakan konsep dalam situasi baru atau unprompted penggunaan abstraksi. Menerapkan apa yang telah dipelajari di kelas ke dalam novel situasi di tempat kerja Contoh: Gunakan manual untuk menghitung waktu liburan karyawan. Terapkan hukum statistik untuk mengevaluasi keandalan dari tes tertulis.
Key Words: berlaku, perubahan, menghitung, konstruksi, mendemonstrasikan, menemukan, memanipulasi, memodifikasi, mengoperasikan, memprediksi, menyiapkan, menghasilkan, menghubungkan, menunjukkan, memecahkan, menggunakan
Analisis: memisahkan bahan atau konsep ke dalam bagian-bagian sehingga struktur organisasi dapat dipahami. Membedakan antara fakta dan kesimpulan Contoh: Troubleshoot sebuah peralatan dengan menggunakan deduksi logis. Mengakui kesalahan logis dalam penalaran. Mengumpulkan informasi dari departemen dan memilih tugas-tugas yang diperlukan untuk pelatihan.
Key Words: menganalisa, rusak, membandingkan, kontras, diagram, deconstructs, membedakan, mendiskriminasikan, membedakan, mengidentifikasi, menggambarkan, menyimpulkan, menguraikan, terkait, memilih, memisahkan
Sintesis: Membangun suatu struktur atau pola dari berbagai elemen. Letakkan bagian-bagian bersama-sama untuk membentuk keseluruhan, dengan penekanan pada penciptaan makna baru atau struktur Contoh: Menulis sebuah perusahaan operasi atau proses manual. Desain sebuah mesin untuk melakukan tugas tertentu. Mengintegrasikan pelatihan dari beberapa sumber untuk memecahkan masalah. Merevisi dan proses untuk meningkatkan hasil
Key Words: mengkategorikan, mengkombinasikan, mengkompilasi, composes, menciptakan, merencanakan, desain, menjelaskan, menghasilkan, memodifikasi, mengorganisir, merencanakan, menyusun, merekonstruksi, berhubungan, mereorganisasi, merevisi, penulisan ulang, meringkas, mengatakan, menulis
Evaluasi: Buatlah penilaian tentang nilai gagasan atau bahan Contoh: Pilih solusi yang paling efektif. Mempekerjakan kandidat yang paling memenuhi syarat. Menjelaskan dan membenarkan anggaran baru.
Key Words: menilai, membandingkan, menyimpulkan, kontras, mengkritik, kritik, membela, menjelaskan, mendiskriminasikan, mengevaluasi, menjelaskan, menafsirkan, membenarkan, terkait, meringkas, mendukung.
Domain afektif
afektif domain.


 Afektif domain (Krathwohl, Bloom, Masia, 1973) meliputi cara di mana kita berurusan dengan hal-hal emosional, seperti perasaan, nilai-nilai, apresiasi, antusiasme, motivasi, dan sikap. Lima kategori utama terdaftar dari perilaku sederhana sampai yang paling rumit:
CATAGORY Example and Key Words
Menerima Phenomena: Kesadaran, kesediaan untuk mendengar, perhatian yang dipilih Contoh: Dengarkan orang lain dengan hormat. Mendengarkan dan mengingat nama orang yang baru diperkenalkan
Key Words: bertanya, memilih, melukiskan, mengikuti, memberikan, memegang, mengidentifikasi, menempatkan, nama, menunjuk, memilih, duduk, erects, menjawab, menggunakan
Menanggapi Fenomena: partisipasi aktif dari pihak peserta didik. Mengikuti dan bereaksi terhadap fenomena tertentu. Hasil pembelajaran dapat menekankan kepatuhan dalam menanggapi, kemauan untuk merespon, atau kepuasan dalam menanggapi (motivasi) Contoh: berpartisipasi dalam diskusi kelas. Memberikan presentasi. Pertanyaan cita-cita baru, konsep, model, dll dalam rangka untuk memahami mereka. Mengetahui aturan dan praktek-praktek keselamatan mereka
Kata-kata kunci: jawaban, membantu, membantu, sesuai, sesuai, mendiskusikan, salam, membantu, label, melakukan, praktek, hadiah, membaca, membacakan, laporan, memilih, mengatakan, menulis
Menghargai: Nilai atau nilai seseorang melekat pada objek tertentu, fenomena, atau perilaku. Hal ini berkisar dari penerimaan sederhana ke keadaan yang lebih kompleks komitmen. Menghargai didasarkan pada internalisasi dari serangkaian nilai-nilai tertentu, sedangkan petunjuk untuk nilai-nilai ini dinyatakan dalam perilaku terbuka pembelajar dan sering diidentifikasi Contoh: Menunjukkan kepercayaan dalam proses demokrasi. Sensitif terhadap individu dan perbedaan budaya (nilai keragaman). Menunjukkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Mengusulkan rencana untuk perbaikan sosial dan mengikuti melalui dengan komitmen. Memberitahu manajemen mengenai hal-hal yang satu merasa kuat tentang
Key Words: selesai, menunjukkan, membedakan, menjelaskan, mengikuti, bentuk, memulai, mengundang, bergabung, membenarkan, mengusulkan, membaca, laporan, memilih, saham, penelitian, bekerja
Organisasi: Menyusun nilai-nilai ke dalam prioritas oleh kontras nilai-nilai yang berbeda, menyelesaikan konflik di antara mereka, dan menciptakan sistem nilai yang unik. Penekanannya adalah pada membandingkan, berkaitan, dan nilai-nilai sintesis Contoh: Mengenali perlunya keseimbangan antara kebebasan dan perilaku yang bertanggung jawab. Menerima tanggung jawab atas perilaku seseorang. Menjelaskan peran perencanaan sistematis dalam memecahkan masalah. Menerima standar etika profesional. Menciptakan rencana hidup dalam harmoni dengan kemampuan, minat, dan keyakinan. Memprioritaskan waktu secara efektif untuk memenuhi kebutuhan organisasi, keluarga, dan diri sendiri
Key Words: melekat, mengubah, mengatur, menggabungkan, membandingkan, melengkapi, mempertahankan, menjelaskan, merumuskan, generalizes, mengidentifikasi, menggabungkan, memodifikasi, perintah, mengorganisir, mempersiapkan, berhubungan, mensintesis
Internalisasi nilai-nilai (karakterisasi): Apakah sistem nilai yang mengendalikan perilaku mereka. Perilaku ini merasuk, konsisten, dapat diprediksi, dan yang paling penting, karakteristik dari peserta didik. Tujuan instruksional prihatin dengan siswa penyesuaian pola-pola umum (pribadi, sosial, emosional) Contoh: Menampilkan kemandirian ketika bekerja secara independen. Bekerja sama dalam kegiatan kelompok (menampilkan kerja tim). Menggunakan pendekatan objektif dalam pemecahan masalah. Menampilkan komitmen profesional untuk praktek etis setiap hari. Merevisi penilaian dan perubahan perilaku dalam terang bukti-bukti baru. Nilai orang untuk apa yang mereka, bukan bagaimana mereka melihaT.
Key Words: tindakan, mendiskriminasikan, menampilkan, pengaruh, mendengarkan, memodifikasi, melakukan, praktek, mengusulkan, memenuhi syarat, pertanyaan, merevisi, melayani, memecahkan, memverifikasi

 Psikomotorik Domain
The psikomotorik domain (Simpson, 1972) termasuk gerakan fisik, koordinasi, dan penggunaan keterampilan motor-daerah. Pengembangan keterampilan ini memerlukan latihan dan diukur dalam hal kecepatan, ketepatan, jarak, prosedur, atau teknik dalam pelaksanaan. Ketujuh kategori utama terdaftar dari perilaku sederhana sampai yang paling rumit:
CATAGORY Example and Key Words
Persepsi: Kemampuan untuk menggunakan isyarat-isyarat sensoris untuk memandu aktivitas motorik. Hal ini berkisar dari rangsangan indra, melalui seleksi isyarat, terjemahan Contoh: Mendeteksi komunikasi non-verbal isyarat. Perkiraan di mana bola akan mendarat setelah dilempar dan kemudian pindah ke lokasi yang benar untuk menangkap bola. Menyesuaikan panas dari kompor ke suhu yang benar oleh bau dan rasa makanan. Menyesuaikan tinggi dari pada garpu forklift dengan membandingkan mana garpu dalam kaitannya dengan palet
Key Words: memilih, melukiskan, mendeteksi, membedakan, membedakan, mengidentifikasi, mengisolasi, berhubungan, memilih.
Set: Kesiapan untuk bertindak. Ini mencakup mental, fisik, dan emosional set. Ketiga set adalah disposisi yang mentakdirkan seseorang terhadap situasi yang berbeda (kadang-kadang disebut pola pikir) Contoh: Tahu dan bertindak atas urutan langkah-langkah dalam proses manufaktur. Mengenali seseorang kemampuan dan keterbatasan. Menunjukkan keinginan untuk mempelajari proses baru (motivasi). CATATAN: Ini pembagian psikomotorik berkaitan erat dengan "Menanggapi fenomena" pembagian yang Affective domain
Key Words: dimulai, menampilkan, menjelaskan, bergerak, hasil, bereaksi, menunjukkan, menyatakan, relawan
Dipandu Response: tahap awal dalam mempelajari keterampilan yang kompleks yang mencakup peniruan dan trial and error. Kecukupan kinerja dicapai dengan berlatih Contoh: Melakukan persamaan matematika seperti yang ditunjukkan. Mengikuti instruksi untuk membangun sebuah model. Merespon tangan-sinyal dari instruktur saat belajar mengoperasikan forklift
Kata-kata kunci: kopi, jejak, berikut, bereaksi, memperbanyak, menanggapI
Mekanisme: Ini adalah tahap peralihan dalam mempelajari keterampilan yang kompleks. Belajar tanggapan telah menjadi kebiasaan dan gerakan-gerakan yang dapat dilakukan dengan beberapa kepercayaan diri dan kemampuan Contoh: Gunakan komputer pribadi. Memperbaiki keran bocor. Mobil
Kata-kata kunci: merakit, calibrates, konstruksi, membongkar, menampilkan, mengikatkan, perbaikan, grinds, memanaskan, memanipulasi, ukuran, mends, Mixes, mengorganisasikan, sketsa.
Kompleks terbuka Respon: kinerja yang terampil motor tindakan yang melibatkan pola gerakan yang kompleks. Kemahiran itu ditunjukkan dengan cepat, akurat, dan sangat terkoordinasi kinerja, membutuhkan energi minimal. Kategori ini termasuk melakukan tanpa ragu-ragu, dan otomatis kinerja. Sebagai contoh, pemain sering mengucapkan bunyi Expletives kepuasan atau segera setelah mereka memukul bola tenis atau melempar bola, karena mereka bisa tahu dari merasakan tindakan apa hasilnya akan menghasilkan Contoh: manuver mobil menjadi tempat parkir paralel ketat. Mengoperasikan komputer dengan cepat dan akurat. Menampilkan kompetensi saat bermain piano
Kata-kata kunci: merakit, membangun, calibrates, konstruksi, membongkar, menampilkan, mengikatkan, perbaikan, grinds, memanaskan, memanipulasi, ukuran, mends, Mixes, mengorganisasikan, sketsa
CATATAN: Kunci Kata-kata adalah sama Mekanisme, melainkan ia akan mempunyai kata keterangan atau kata sifat yang menunjukkan bahwa kinerja yang lebih cepat, lebih baik, lebih akurat, dlL
Adaptasi: Keterampilan yang dikembangkan dengan baik dan individu dapat memodifikasi pola pergerakan sesuai persyaratan khusus Contoh: Tanggap efektif untuk pengalaman tak terduga. Memodifikasi instruksi untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Melakukan tugas dengan mesin yang awalnya bukan dimaksudkan untuk melakukan (mesin tidak rusak dan tidak ada bahaya dalam melaksanakan tugas baru)
Kata kunci: menyesuaikan, mengubah, perubahan, menata kembali, mereorganisasi, merevisi, bervariasi
Origination: Membuat pola gerakan baru agar sesuai dengan situasi tertentu atau masalah khusus. Hasil pembelajaran menekankan kreativitas berdasarkan keterampilan sangat maju Contoh: membangun sebuah teori baru. Mengembangkan yang baru dan program pelatihan komprehensif. Menciptakan rutinitas senam baru
Key Words: menyusun, membangun, menggabungkan, composes, konstruksi, menciptakan, desain, memulai, membuat, berasal.


Psikomotorik lain Domains
Seperti disebutkan sebelumnya, komite tidak menghasilkan sebuah kompilasi untuk psikomotorik domain model, tetapi orang lain. Yang dibahas di atas adalah oleh Simpson (1972). Ada dua versi populer lainnya.
Dave (1975):
Peniruan: Mengamati dan pola perilaku setelah orang lain. Kinerja mungkin kualitas rendah. Contoh: Menyalin suatu karya seni
Manipulasi: Mampu melakukan tindakan tertentu dengan mengikuti petunjuk dan berlatih. Contoh: Membuat bekerja sendiri, setelah mengambil pelajaran, atau membaca tentang hal itu.
Precision: Refining, menjadi lebih tepat. Sedikit kesalahan yang jelas. Contoh: Bekerja dan mengolah kembali sesuatu, sehingga akan menjadi "tepat."
Artikulasi: Koordinasi serangkaian tindakan, mencapai keselarasan dan konsistensi internal. Contoh: Memproduksi video yang mencakup musik, drama, warna, suara, dll
Naturalisasi: Memiliki performa tingkat tinggi menjadi alami, tanpa perlu berpikir banyak tentang hal itu. Contoh: Michael Jordan bermain basket, Nancy Lopez memukul bola golf, dll

Harrow's (1972):
Reflex gerakan - Reaksi yang tidak dipelajari.
Fundamental gerakan - gerakan dasar seperti berjalan kaki, atau tamak.
Persepsi - Respon terhadap rangsangan seperti visual, auditori, kinestetik, atau taktil diskriminasi.
Fisik kemampuan - Stamina yang harus dikembangkan untuk pengembangan lebih lanjut seperti kekuatan dan ketangkasan.
Skilled gerakan - Advanced belajar gerakan-gerakan sebagai salah satu akan menemukan dalam olahraga atau bertindak.
Tidak diskursif komunikasi - Efektif bahasa tubuh, seperti gerak tubuh dan ekspresi wajah.

Bloom's Revised Taxonomy

Lorin Anderson, a former student of Bloom, revisited the cognitive domain in the learning taxonomy in the mid-nineties and made some changes, with perhaps the two most prominent ones being, 1) changing the names in the six categories from noun to verb forms , dan 2) sedikit menata ulang mereka.

Search This Blog


ShoutMix chat widget